Berikut
ini adalah bentuk codingan program pada
java :
import java.awt.BorderLayout;
import java.awt.Canvas;
import java.awt.Graphics;
import javax.swing.JOptionPane;
/**
*
*
@author Sandy Novian
*/
class Kanvas extends Canvas{
@Override
public void paint (Graphics gar){
//deklarasi variabel
String x1, x2, y1,y2;
int xx1, xx2, yy1, yy2;
//input koordinat
x1 = JOptionPane.showInputDialog("Inputkan x1: ");
y1 = JOptionPane.showInputDialog("Inputkan y1: ");
x2 = JOptionPane.showInputDialog("Inputkan x2: ");
y2 = JOptionPane.showInputDialog("Inputkan y2: ");
//konvert variabel string ke int
xx1 = Integer.parseInt(x1);
xx2 = Integer.parseInt(x2);
yy1 = Integer.parseInt(y1);
yy2 = Integer.parseInt(y2);
//buat garis dari inputan
gar.drawLine(xx1, yy1, xx2, yy2);
}
}
class FrameUtama extends JFrame{
private final Kanvas kanvas = new Kanvas ();
FrameUtama(){
super("Contoh Menggambar Garis");
setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
setLocation(120, 20); //koordinat window di layar
setSize (800, 600); //ukuran
window
getContentPane().setLayout(new BorderLayout());
getContentPane().add(kanvas, BorderLayout.CENTER);
show();
}
}
public class ApaAja{
public static void main (String [] args){
new FrameUtama();
}
}
Logika :
Pada program ini kita menggunakan beberapa import
diantaranya adalah java.awt.BorderLayout, java.awt.Canvas, java.awt.Graphics,
javax.swing.JFrame, dan javax.swing.JOptionPane. Pada intinya inport java.awt
adalah untuk menampilkan semua hal yang berhubungan dengan antarmuka berbasis
grafis, sedangkan untuk javax.swing.JOptionPane adalah untuk menginputkan
kedalam variable yang kita telah buat.
Setelah kita melakukan semua inport yang kita butuhkan, kita
akan membuat class Kanvas. Pada class ini kita akan melakukan input titik-titik
yang akan kita jadikan menjadi garis. Untuk melakukan itu, kita harus
mendeklarasikan dulu variable yang akan kita gunakan. Karena fungsi JOptionpane
hanya dapat menerima input berupa string, maka kita harus mengkonversi variable
string itu menjadi integer dengan menggunakan perintah Integer.parseInt. Jika
kita telah selesai melakukan input, maka program akan menggambar garis sesuai
dengan koordinat yang telah kita inputkan.
Selanjutnya kita akan membuat class FrameUtama, dimana ini
akan membuat Frame. Di dalam class ini, kita membuat sub class privat kanvas,
hal ini dimaksudkan class ini hanya dapat diakses oleh class FrameUtama saja.
Di dalam class ini, kita akan mengatur besar dan letak window yang akan
ditampilkan.
Selanjutnya kita akan membuat public class Garis, yang mana
class ini akan berguna untuk memanggil FrameUtama yang telah dibuat di class
FrameUtama dan akan menampilkan hasil garis yang berasal dari inputan koordinat
kita sebelumnya.
Dan contoh Output dari program diatas :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar