Selasa, 27 Oktober 2015

Program Garis Pada Java



Berikut ini adalah bentuk codingan program  pada java :
import java.awt.BorderLayout;
import java.awt.Canvas;
import java.awt.Graphics;
import javax.swing.JFrame;
import javax.swing.JOptionPane;
/**
 *
 * @author Sandy Novian
 */
class Kanvas extends Canvas{
    @Override
    public void paint (Graphics gar){
        //deklarasi variabel
        String x1, x2, y1,y2;
        int xx1, xx2, yy1, yy2;
        //input koordinat
        x1 = JOptionPane.showInputDialog("Inputkan x1: ");
        y1 = JOptionPane.showInputDialog("Inputkan y1: ");
        x2 = JOptionPane.showInputDialog("Inputkan x2: ");
        y2 = JOptionPane.showInputDialog("Inputkan y2: ");
        //konvert variabel string ke int       
        xx1 = Integer.parseInt(x1);
        xx2 = Integer.parseInt(x2);
        yy1 = Integer.parseInt(y1);
        yy2 = Integer.parseInt(y2);
       
        //buat garis dari inputan              
        gar.drawLine(xx1, yy1, xx2, yy2);
       
    }
}

class FrameUtama extends JFrame{
    private final Kanvas kanvas = new Kanvas ();
   
    FrameUtama(){
        super("Contoh Menggambar Garis");
        setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
        setLocation(120, 20); //koordinat window di layar
        setSize (800, 600);   //ukuran window
       
        getContentPane().setLayout(new BorderLayout());
        getContentPane().add(kanvas, BorderLayout.CENTER);
       
        show();
    }
}
public class ApaAja{
    public static void main (String [] args){
        new FrameUtama();  
    }
}

Logika :
Pada program ini kita menggunakan beberapa import diantaranya adalah java.awt.BorderLayout, java.awt.Canvas, java.awt.Graphics, javax.swing.JFrame, dan javax.swing.JOptionPane. Pada intinya inport java.awt adalah untuk menampilkan semua hal yang berhubungan dengan antarmuka berbasis grafis, sedangkan untuk javax.swing.JOptionPane adalah untuk menginputkan kedalam variable yang kita telah buat.
Setelah kita melakukan semua inport yang kita butuhkan, kita akan membuat class Kanvas. Pada class ini kita akan melakukan input titik-titik yang akan kita jadikan menjadi garis. Untuk melakukan itu, kita harus mendeklarasikan dulu variable yang akan kita gunakan. Karena fungsi JOptionpane hanya dapat menerima input berupa string, maka kita harus mengkonversi variable string itu menjadi integer dengan menggunakan perintah Integer.parseInt. Jika kita telah selesai melakukan input, maka program akan menggambar garis sesuai dengan koordinat yang telah kita inputkan.
Selanjutnya kita akan membuat class FrameUtama, dimana ini akan membuat Frame. Di dalam class ini, kita membuat sub class privat kanvas, hal ini dimaksudkan class ini hanya dapat diakses oleh class FrameUtama saja. Di dalam class ini, kita akan mengatur besar dan letak window yang akan ditampilkan.
Selanjutnya kita akan membuat public class Garis, yang mana class ini akan berguna untuk memanggil FrameUtama yang telah dibuat di class FrameUtama dan akan menampilkan hasil garis yang berasal dari inputan koordinat kita sebelumnya.
Dan contoh Output dari program diatas :





Tidak ada komentar:

Posting Komentar